Rabu, 31 Oktober 2012

Referensi Ilmu Budaya Dasar


 Ilmu budaya dasar adalah mata kuliah dasar umum (MKDU) yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa di perguruan tinggi. Buku ini dipersiapkan untuk menjadi acuan perkuliahan bagi mahasiswa. Dengan demikian, buku ini diharapkan dapat menunjang pembentukan kepribadian dan kompetensi profesional seorang lulusan perguruan tinggi sebagai persiapan mahasiswa memasuki lingkungan kerja. Sebagaimana layaknya buku teks, pembahasannya disusun berdasarkan silabus mata perkuliahan yag telah ditetapkan. Selain itu juga dilengkapi dengan soal latihan. Dengan penyajian yang praktis dan sederhana, diharapkan pengguna buku ini dapat mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.
            Dengan membaca buku ini, mahasiswa diharapkan natinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudaaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian mahasiswa diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif. Salah satu sifat penting buku ini ialah bahwa IBD bukan pelajaran sastra, bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Sesuai dengan namanya Ilmu Budaya Dasar, buku ini hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta, Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri. Pendeknya dalam mencari hidup yang dirasanya lebih bermakna. Ini tentu menyangkut sikap moral yang diharapkan memperlengkapi mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu yang akan membimbingnya kearah pembentukan ukuran-ukuran, rasa dan nilai-nilai dengan tidak bergantung pada orang lain.
            Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian buku ini. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.   Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.   Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
            Menunjuk kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam buku ini, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.      Manusia dan kebudayaan
2.      Manusia dan cinta kasih
3.      Manusia dan keindahan
4.      Manusia dan penderitaan
5.      Manusia dan keadilan
6.      Manusia dan pandangan hidup
7.      Manusia dan tanggung jawab
8.      Manusia dan kegelisahan
9.      Manusia dan harapan
10.  Manusia dan kematian
 http://shofazakiya.blogspot.com/2011/06/resensi-ilmu-budaya-dasar-berdasarkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar